Rabu, 12 Desember 2012

Balada Ulangan Akhir Semester

Sorry nih, seminggu kemarin gw enggak bisa ngepost. Seperti yang gw bilang di postingan sebelumnya, gw harus Ulangan Akhir Semester dulu. Oh iya, hari ini adalah tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 yang katanya suku maya hari ini adalah hari kiamat, akan tetapi setelah gw teliti dengan segala kemampuan gw dan gw kerahkan semua kesaktian dan ilmu-ilmu gw, gw simpulkan bahwa hari ini adalah hari RABU teman-teman (Ya elah, anak kecil baru sunat juga tau kalee). 

Tadi siang gw liat di berita banyak momen istimewa yang terjadi pada tanggal 12-12-12, mulai dari sunatan masal, nikah masal, lahiran masal, sampai dengan gw ngerjain ulangan ngasal (Yang ini jangan diikutin).Tapi ada hal yang lebih penting yang harus gw pikirkan. Apa? Ya apalagi kalau bukan hasil ulangan tersebut. 

Ya memang bagi sebagian orang nilai UAS ga terlalu penting, yang penting dia lulus apa enggak. Tapi bagi gw, nilai UAS itu sangat berarti bagi gw. Kenapa? karena kalau raport gw kebakar (baca : merah semua), bisa-bisa gw di*sebagian teks hilang* ama emak gw. Gw ingat salah satu ancaman yang dilontarkan emak gw.

Emak Gw : AFIT, KAMU INI KAN BESOK ULANGAN TAPI KOK BUKANNYA BELAJAR MALAH MAIN GAME. POKOKNYA, KALAU NILAI KAMU SAMPAI MERAH SEMUA!! GA USAH KAMU KENAL MAMA LAGI!
Gw : Yailah mah, tenang aja kali mah. Afit udah belajar sedikit kok. (dengan muka serius, gw berusaha meyakinkan emak gw)

***************** Keesokan Harinya *****************

E
mak Gw : Fit, gimana nilai ulangan kamu yang kemarin?
Gw : Maaf, ibu siapa ya?
                  
Oke gw becanda dibagian itu, nanti yang ada gw bisa dikutuk jadi batu sama emak gw. Nah apalagi tekanan beban gw waktu baru masuk SMP, ini masa-masanya gw berpindah dari SD swasta ke SMP negeri, dimana waktu itu juga gw masuk SMP dengan nilai pas-pasan. pesan emak gw "fit, kamu tingkatin ya nak belajar kamu. kan kamu sekarang udah SMP, apalagi ini kan SMP negeri, saingannya berat semua". 

Nah dikelas 7-2 ini gw sekelas dengan beberapa peringkat 10 besar saat masa-masa pendaftaran masuk. Ya si felisa termasuk kedalam salah satunya. Waktu itu gw berharap mudah-mudahan satu ruangan sama felisa, kan ceritanya biar bisa pedekate sama nyontek diskusi sama dia. Ya tapi apa boleh buat? yakult memang minuman sehat. Eh, maksud gw. ternyata gw ga sekelas pas ulangan bro. 

So, gw cuma bisa mengumpat dalam hati dan terima dengan kenyataan yang paling sadis dan kejamnya luar biasa bahwa dunia ini memang benar benar benar tidak adil (sorry bro, terbawa suasana). 

Nah selama ulangan gw ga fokus karena semalaman gw isi buat main game. FYI, di masa SMP itu adalah masa-masanya gw keranjingan main game. Akhirnya karena terdorong keputusasaan, gw mengeluarkan jurus terakhir gw yaitu tang ting tung AKA menghitung kancing (ini juga ga boleh diikutin). Essaynya? Untungnya di STL ulangan itu cuman ada pilihan ganda saja. 

Tibalah saat pengumuman nilai hasil UAS. dan eng ing eng, gw dapet nilai abstrak. Kalo lukisan sih bagus kalo abstrak. Lah kalo nilai abstrak? You can imagine your own lah. Habislah gw dikasih petuah-petuah duuaahsyaat dari emak gw. 

Memang dalam kasus ini gw memang salah, gw tidak mencerna baik-baik pesan emak gw. Gw sadar, sesuatu yang sempurna itu dibuat dengan usaha yang tidak mudah, melainkan dengan usaha yang keras dan bersungguh-sungguh. Singkatnya, mau pintar? makanya belajar! yaudah, sampai disini dulu cerita gw. Gw kasih pantun deh.
kalau ada sumur di ladang
boleh saya menumpang mandi
kalau  memang umur saya panjang
bolehlah saya menumpang mandi lagi
Ngaco? biarin! I'll see you on the next post.

PS: pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.

8 komentar:

  1. Menyedihkan Sekali Hidupmu Nak ...

    BalasHapus
  2. makanya fi, dengerin apa kata emak ..
    begitu deh akhirnya ..

    BalasHapus
  3. Hihi... Kalau aku ga pernah di perhatiin sama orangtua, bersyukurlah masih ada yang mau mengingatkan belajar :p

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. maaf yu baru sempat bales, sudah saya folback tuh.

      Hapus