Minggu, 24 Maret 2013

Pengalaman Belajar Motor Bersama Yamaha

Yamaha Vega R, itu motor pertama yang gw tunggangi dengan skill berkendara seadanya sewaktu smp. Memang semenjak dulu gw sudah tidak ragu dengan kualitas Yamaha. Motor Yamaha Vega R itu punya teman gw, sebut saja namanya bowo. kala itu gw masih dalam tahap super beginner dalam mengendarai motor, sehingga gw sangat membutuhkan sosok guru yang berpengalaman. Kenapa gw pilih bowo sebagai guru berkendara gw kala itu?

1. Free Charge / Gratis.
2. Cuma dia yang rela motornya gw tabrak-tabrakin ke trotoar.
3. Cuma dia yang rela menemani gw untuk nabrak trotoar.
4. Dan yang terpenting, cuma dia satu-satunya yang rela mengajari gw.

Sehingga gw dan bowo menyetujui untuk memberi nama motor itu dengan nama "Tanting" yang berarti tahan banting. Gw ingat salah satu kebodohan gw saat dulu belajar dengan bowo.

Gw : *di atas motor* jadi pertama gw harus gimana nih wo? apa yang harus gw tekan? 
Bowo : Begini, ada dua cara dalam menyalakan motor. pertama, dengan cara menekan tombol electric starter. kedua, dengan menggunakan kick starter. tapi kali ini kita coba dengan kick starter. 
Gw : Yang ini nih? 
Bowo : Ya, sela dibagian itu. 
Gw : *menyela beberapa kali* *bunyi mesin menyala* nah udah nih, setelah itu apa yang harus gw tekan?
Bowo : Sekarang masukin giginya. 
Gw : Ah gampang itu mah *gw coba injak-injak apapun yang bisa gw injak* yang ini nih? kok ga masuk-masuk? ini udah gw injeeek ampe full. 
Bowo : ITU REM BEGOOOOO!!! yang ini nih. *sambil menunjukan cara yang benar* 
Gw : nah nyala udah, masukin gigi udah, sekarang tinggal di gaaass kan. *gw tarik gas sampai full* 
Bowo : Kalo tarik gas pertama-tama harus pelaa......
*DUUUUUAAAAAARRR!!!*

Sekedar informasi : tidak ada korban dalam kejadian ini.

Kejadian itu tetap tidak mengurungkan niat gw untuk belajar motor, setiap hari gw semakin mahir menabrak trotoar. Gw pernah menanyakan ke bowo kenapa dia memilih motor Yamaha ketimbang motor merk lain, dan dia jawab "Gw pilih Yamaha karena modelnya keren, canggih, dan yang terpenting cepat, itu yang membuat dia semakin tak tertandingi dari yang lain". Dari situ gw mulai mempercayakan skill berkendara gw kepada motor Yamaha sampai sekarang.


Karena saking cintanya gw dengan Yamaha, gw sampai ikut meramaikan lomba "harlem shake with Yamaha", kalian bisa melihat videonya disini. Ada salah satu produk Yamaha yang paling membuat gw tertarik , Yaitu Yamaha Xeon RC (Racing Champion). Gw dengar-dengar dalam sebulan sudah terjual 1000 unit. Gw pun tidak heran mendengar itu karena Yamaha Xeon RC merupakan motor matik yang berteknologi balap. Pas banget buat kalangan muda seperti gw yang ingin gagah-gagahan kerumah gebetan, mwuheheheh. |Emang lo punya gebetan Khadafi? | Gebetan? apa itu? *amnesia* | DASAR JOMBLO! |

Foto gw bareng Yamaha xeon RC :p

Dan ini untuk spesifikasi lebih lengkap tentang Yamaha Xeon RC

- Mesin Xeon RC.
Tipe mesin : 4 Langkah 2 Valve SOHC dengan pendingin cairan
Pola pengoperan transmisi : Otomatis
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Daya maksimum : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm
Torsi maksimum : 10,4 Nm (1,06 kgfm) / 6000 rpm
Volume silinder : 124,86 cm³
Jumlah/posisi silinder : Cylinder tunggal
Perbandingan kompresi : 10,94 : 1
Sistem starter : Kick starter dan Electric starter
Kapasitas oli mesin : Total 0,9 Liter – Perawatan berkala 0,8 Liter
Sistem bahan bakar : (YMJET-FI) Fuel Injection System
Sistem pelumasan : Basah
Tipe kopling : kopling sentrifugal, Kering
Tipe transmisi : V-belt otomatis

- Dimensi Xeon RC.
P X L X T : 1855 x 700 x 1070 mm
Tinggi tempat duduk : 760 mm
Jarak sumbu roda : 1265 mm
Berat isi : 101 kg
Kapasitas muatan tangki bensin : 3,8 L
Jarak terendah ke tanah : 135 mm

- Rangka Xeon RC.
Tipe : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Tunggal, Unit Swing
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol
Ban depan : 70/90-14M/C 34P
Ban belakang : 90/80-14M/C 49P

- Sistem Kelistrikan Xeon RC.
Pengapian : TCI (Transistor Control Ignition)
Battery : YTZ5S
Busi : NGK CR7E

- Pilihan Warna.
Victorious Red
Thunder Bolt Blue
Cosmic White
Dazzling Black
Regal Purple

Kalo sekarang, gw sedang belajar menggunakan motor kopling. Ini motor yang menemani gw untuk belajar.

Motor anak keren 


Yamaha Jupiter MX, adalah Motor Yamaha lainnya yang setia menemani gw dalam menjadi pembalap kelas banteng. | Loh kok kelas banteng, khadafi? | Karena nabrak trotoar adalah hobi gw | BEGOOO! |

Pokoknya dari pertama gw kenal motor, gw sudah percayakan semua produk Yamaha sebagai teman berkendara gw. Buat yang penasaran, buruan deh beli Yamaha Xeon RC di dealer terdekat. Tenang aja, kalo lo beli. produknya enggak akan dijual terpisah kayak mainan anak-anak. Apalagi buat anak-anak muda kayak gw, lumayan kan buat gagah-gagahan ke rumah gebetan, mwehuehuehueh. Yeah, if you what the hell know i mean. Pokoknya yamaha dari waktu ke waktu semakin tak tertandingi.

Ps : Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :)

19 komentar:

  1. hahaha... ketauan kan begonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bego adalah proses dari kedewasaan, ingat itu nak!

      Hapus
  2. ,,,''Biasa di kampung naek kebo sambil angon ya kayak gitu dah,sekalinya naek kebo besi made in Jepun langsung ngebayangin seakan-akan jadi Pak Lik Tino mBorosi.Inget ngga usah ngebut-ngebut emak loe tuu ngga ada yg ngebantuin ngepel ama nyuci baju.Inget juga,jangan lupa bawa sim,kalo ngga punya minta ama sekolahan ngadain pembuatan sim massal khan bisa murah soal biayanya ntar telpon aja,itung-itung sodaqoh ama anak orang.Gitu aja Pitt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang sukses itu masa kecilnya biasanya diisi dengan kegiatan mengangon loh om, jangan salah. masalah sim, bahkan afit sudah usulkan ke sekolah untuk membuat surat nikah massal.

      Hapus
  3. Ckckck Surat nikah masal? -,-"
    Btw khadafi, yang bagian "Tenang aja, kalo lo beli. produknya enggak akan dijual terpisah kayak mainan anak-anak." xD lucu, ga kepikiran kesana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak-banyak cari referensi tulisan lewat buku-buku aja yu.

      Hapus
  4. Mantap banget deh gan.. artikelnya. Ane bookmark blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan gan, ane malah dengan senang hati mempersilahkan.

      Hapus
  5. Yupz,, setuju,, malah saking diburunya produk yamaha, ane nyampe nyari keliling dealer se-kota buat nyari All New Vixion .. dptlah akhrnya walau harus nunggu 4 hari. Masalah pun timbul, blm bisa motor kopling, apalagi ni motor berasa gede banget, kaki udah jinjit az,, krna cm dipake pelan, nyampe gigi 3 doank, mesin pun mendidih ,,haha,,,
    Sampai komentar ini ditulis ane masih berjuang menaklukan belalang tempur ini... hadeuuuhhh,,,


    http://parapencariinspirasi.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. senasib dengan gw berarti lo, semoga semangat kita tidak akan pernah pudar untuk menaklukan motor kopling muehehehe.

      Hapus
  6. keren tuhh taun depan bisa masuk motoGP lu....hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro, nantikan ya kiprah debut karir gw sebagai seorang pembalap di Motor Balap kelas 25cc.

      Hapus
  7. wah,jadi ingat pertama kali belajar kopling pake rx spesial.

    BalasHapus
  8. kalo motor yamaha yang pertama gua tunggangin jupiter z, tapi sekarang gua mau beli jupiter mx king 150 atau ninja, tapi untuk jupiter mx king gua belom tahu harganya kalo boleh tanya berapa harga jupiter mx new ???

    BalasHapus